RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS
§ Nama Sekolah :
........................................
§ Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
§ Kelas/Semester : IV/ I
§ Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman
suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi.
§ Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya.
§ Indikator :
o Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam.
o
Menunjukkan ciri-ciri sosial
dan budaya di kabupaten/kota provinsi tempat tinggalnya.
o
Menjelaskan keanekaragaman
sosial di daerahnya.
o
Menjelaskan keanekaragaman
budaya di daerahnya.
o
Menunjukkan tempat suku bangsa
yang ada di daerahnya.
o Menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
§ Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran x 35 menit (pertemuan 4-6, 3
minggu)
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
§
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam.
§ Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota
provinsi tempat tinggalnya.
§ Siswa dapat menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya.
§ Siswa dapat menjelaskan
keanekaragaman budaya di daerahnya.
§ Siswa dapat menunjukkan
tempat suku bangsa yang ada di daerahnya.
§
Siswa dapat menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
Nilai-nilai karakter siswa yang
diharapkan :
o
Tekun
o
Teliti
o
Disiplin
o
Mandiri
o
Jujur
o
Rasa
hormat dan perhatian
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi Pokok: kenampakan alam dan keragaman sosial budaya
D.
METODE
PEMBELAJARAN
§ Ceramah
§ Tanya
jawab
§ Diskusi
Kelompok
§ Model
Pembelajaran : Koperatif
E.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN (pertemuan 4-6)
Pertemuan 4
Ø Kegiatan awal:
· Guru mengadakan tanya jawab tentang nama-nama gunung, pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan alam lainnya yang ada di daerahnya.
Ø Kegiatan inti
·
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
yang ada di daerah sekitar, secara teliti.
o
Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di
kabupaten/kota dan provinsi yang ada di daerahnya, secara tekun dan teliti.
o
Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang
ada di daerahnya.
o
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik, antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya, secara mandiri,
hormat dan perhatian.
o
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran secara disiplin, rasa hormat dan perhatian.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan, dengan cara
disiplin, tekun,
jujur, dan teliti.
· Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membiasakan peserta didik untuk membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis.
o
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o
Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
Melakukan tanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
o
Bersama siswa saling tanya jawab untuk meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan kesimpulan.
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o Mengarahkan
siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o
Memeriksa hasil belajar siswa dengan
memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang
kembali simpulan yang telah disusun.
o Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat
berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
Pertemuan 5
Ø Kegiatan awal
· Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya yang
ada di daerahnya
Ø Kegiatan inti
· Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan keanekaragaman sosial di
kabupaten/kota dan provinsinya.
o
Menjelaskan keanekaragaman budaya di
daerahnya.
o
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
· Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis.
o
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o
Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
Melakukan tanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
o
Bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan kesimpulan.
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o Mengarahkan
siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o
Memeriksa hasil belajar siswa dengan
memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang
kembali simpulan yang telah disusun.
o
Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di
rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
Pertemuan 6
Ø Kegiatan awal
·
Guru
menunjukkan keragaman sosial dan budaya yang ada di daerahnya
Ø Kegiatan inti
· Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Mengamati dengan siswa peta tempat suku
bangsa dan budaya di daerahnya.
o
Menunjukkan tempat suku bangsa di
daerahnya.
o
Menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
o
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di lapangan.
· Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis.
o
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o
Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
Melakukan tanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
o Bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan.
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o Mengarahkan
siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o
Memeriksa hasil belajar siswa dengan
memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang
kembali simpulan yang telah disusun.
o
Memberikan
arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di
rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
F.
SUMBER
BELAJAR
·
Alat
Peraga :
- gambar kenampakan / pemandangan alam
- gambar pakaian dan rumah adat
- gambar bencana alam
· Sumber :
- Buku IPS kelas IV
- Buku pendamping yang relevan
G.
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
§
Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat
kenampakan alam
§
Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya
di kabupaten/kota
provinsi tempat tinggalnya
§
Menjelaskan keanekaragaman sosial di
daerahnya
§
Menjelaskan keanekaragaman budaya di
daerahnya
§
Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada
di daerahnya
§ Menunjukkan
tempat budaya di daerahnya
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Instrumen Soal:
1.
Jelaskan ciri-ciri dan
manfaat kenampakan alam...
2.
Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
3.
Danau termasuk kenampakan
alam ....
4.
Gedung termasuk kenampakan
alam ....
5.
Suku Asmat terdapat di Provinsi ....
6.
Rumah joglo terdapat di daerah ....
7.
Tari Srimpi ada di daerah ....
8.
Masyarakat pesisir kebanyakan bekerja di
bidang ....
9.
Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa
....
10. Keris sebagai senjata
tradisional dari ...
Format
Kriteria Penilaian
v Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
v Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
...............,...........20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SD......... Guru
Kelas
..................................... ...................................
NIP. NIP.
good..
BalasHapus