Senin, 03 Desember 2012

Contoh RPP IPS SD Kelas IV/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    IDENTITAS
§  Nama Sekolah                     : ........................................
§  Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Sosial
§  Kelas/Semester                   : IV/ I
§  Standar Kompetensi           :
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi.
§  Kompetensi Dasar              :
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya.

§  Indikator                             :
o   Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam.
o   Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota provinsi tempat tinggalnya.
o   Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya.
o   Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya.
o   Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya.
o   Menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
§  Alokasi Waktu                    : 9 jam pelajaran x 35 menit (pertemuan 4-6, 3 minggu)


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
§   Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam.
§   Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota provinsi tempat    tinggalnya.
§   Siswa dapat menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya.
§   Siswa dapat menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya.
§   Siswa dapat menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya.
§   Siswa dapat menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
Nilai-nilai karakter siswa yang diharapkan :
o   Tekun  
o   Teliti                                            
o   Disiplin
o   Mandiri
o   Jujur
o   Rasa hormat dan perhatian

C.    MATERI PEMBELAJARAN
Materi Pokok: kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

D.    METODE PEMBELAJARAN
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Diskusi Kelompok
§  Model Pembelajaran : Koperatif

E.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN (pertemuan 4-6)
Pertemuan 4
Ø  Kegiatan awal:
·      Guru mengadakan tanya jawab tentang nama-nama gunung, pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan alam lainnya yang ada di daerahnya.
Ø  Kegiatan inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan macam-macam kenampakan alam yang ada di daerah sekitar, secara teliti.
o   Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten/kota dan provinsi yang ada di daerahnya, secara tekun dan teliti.
o   Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di daerahnya.
o   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya, secara mandiri, hormat dan perhatian.
o   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara disiplin, rasa hormat dan perhatian.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan, dengan cara disiplin, tekun, jujur,  dan  teliti.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membiasakan peserta didik untuk membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o   Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
o   Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o   Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o   Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o   Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
·      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o   Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
o   Bersama siswa saling tanya jawab untuk meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan kesimpulan.
Ø  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o    Mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o    Memeriksa hasil belajar siswa dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
o    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.
Pertemuan 5
Ø  Kegiatan awal
·      Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya yang ada di daerahnya
Ø  Kegiatan inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya.
o   Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya.
o   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o   Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
o   Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o   Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o   Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o   Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
·      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o   Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
o   Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan kesimpulan.
Ø  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o    Mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o    Memeriksa hasil belajar siswa dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
o    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.
Pertemuan 6
Ø  Kegiatan awal
·        Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya yang ada di daerahnya
Ø  Kegiatan inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Mengamati dengan siswa peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya.
o   Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya.
o   Menunjukkan tempat budaya di daerahnya.
o   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di  lapangan.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
o   Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
o   Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
o   Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
o   Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
o   Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
o   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
·      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o   Melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o  Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan kesimpulan.
Ø  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o    Mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
o    Memeriksa hasil belajar siswa dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
o    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.

F.     SUMBER BELAJAR
·         Alat Peraga  :  
-       gambar kenampakan / pemandangan alam
-       gambar pakaian dan rumah adat
-       gambar bencana alam
·       Sumber          : 
-       Buku IPS kelas IV
-       Buku pendamping yang relevan

G.    PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
§ Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota                         provinsi tempat tinggalnya
§ Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
§ Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
§ Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
§ Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
­      Tes Tulis
­      Uraian

Instrumen Soal:
1.      Jelaskan ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam...
2.      Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
3.      Danau termasuk kenampakan alam ....
4.      Gedung termasuk kenampakan alam ....
5.      Suku Asmat terdapat di Provinsi ....
6.      Rumah joglo terdapat di daerah ....
7.      Tari Srimpi ada di daerah ....
8.      Masyarakat pesisir kebanyakan bekerja di bidang ....
9.      Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa ....
10.  Keris sebagai senjata tradisional dari ...
Format Kriteria Penilaian      
v Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

v Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


                                                                                                      ...............,...........20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD.........                                                  Guru Kelas


.....................................                                                     ...................................
NIP.                                                                                  NIP.

1 komentar: